Pekerjaan web host mungkin tampak cukup sederhana, tetapi ada banyak tugas yang dilakukan setiap hari di tempat kerja mereka. Artikel ini mencantumkan tugas-tugas yang dihadapi pelanggan yang perlu dilakukan oleh web host setiap hari. Artikel ini berada di balik layar dalam menyajikan apa yang dilakukan perusahaan web hosting setiap hari, dari sudut pandang front office.
Pemasaran dan Penjualan
Aspek penting dalam mengembangkan bisnis adalah pemasaran dan penjualan yang agresif. Hanya dengan pencarian sederhana di Google untuk layanan web hosting akan menunjukkan seberapa banyak persaingan ketat yang ada. Untuk web host kecil agar menonjol dari kerumunan, dibutuhkan banyak upaya dan sumber daya. Sebagian besar perusahaan hosting kecil didanai sendiri dan memiliki anggaran yang sangat kecil untuk pemasaran dan periklanan. Yang besar mampu menjalankan iklan TV, memasang papan reklame, dan bahkan membeli ruang iklan di acara olahraga. Beberapa perusahaan menggunakan pemasaran online, sedangkan yang lainnya lebih memilih metode kuno seperti panggilan dingin, telemarketing, iklan direktori dan bahkan iklan surat kabar. Dengan munculnya iklan PPC dan BPK online, bahkan perusahaan kecil pun dapat bersaing dengan perusahaan besar untuk mendapatkan visibilitas.
Penagihan
Salah satu tugas utama yang perlu dirampingkan oleh host web adalah penagihan pembayaran. Jika pembayaran datang terlambat, host web mungkin tidak memiliki cukup uang untuk membayar vendor, karyawan, atau pemasok. Pembayaran yang terlambat perlu disinsentif dan pembayaran yang cepat harus dihargai. Sebagian besar perusahaan telah menyiapkan sistem otomatis untuk menangani akuntansi dan penagihan. Faktur dikirim secara otomatis ke klien dan pembayaran juga dikumpulkan secara online kapan saja sepanjang hari. Meskipun sebagian besar pelanggan membayar tepat waktu, kebijakan perlu disiapkan untuk pembayaran yang terlambat. Setelah masa tenggang dari tanggal jatuh tempo, host web harus memastikan bahwa layanan klien yang tidak membayar ditangguhkan sampai pembayarannya diterima. Penangguhan dan pemulihan akun juga dapat ditangani oleh solusi penagihan otomatis yang menangani pembayaran dan secara otomatis menandai faktur dibayar. Ketika akun yang ditangguhkan dibayar, pembayaran dimasukkan dan akun dipulihkan.
Dukungan Teknologi
Sebagian besar waktu agen web hosting dihabiskan untuk memberikan dukungan teknis kepada klien. Beberapa hosters menawarkan dukungan telepon, sementara beberapa hanya menawarkan dukungan berbasis email. Sebagian besar situs web sekarang memiliki sistem obrolan terintegrasi yang memungkinkan pelanggan untuk langsung mengobrol dengan host mereka. Layanan Hosting juga memiliki sistem dukungan berbasis tiket di situs web mereka yang akan memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima pesan dari mereka, tanpa akses ke akun email Anda. Hal ini bisa sangat berguna jika akun email Anda tidak tersedia atau layanan email Anda sedang tidak aktif. Sebagian besar pertanyaan dukungan teknis terjadi selama beberapa hari pertama pembuatan akun. Sampai klien sudah terbiasa dengan layanan yang ditawarkan dan sampai klien memiliki pemahaman yang baik tentang cara kerja sistem, dia mungkin secara teratur menghubungi host untuk meminta bantuan. Interaksi ini dapat dihindari dengan menyediakan dokumentasi dan materi editorial yang memadai untuk klien. Bagian FAQ atau panduan langkah-demi-langkah juga dapat membantu dalam meredakan kecemasan awal yang mungkin dimiliki klien.
Kepatuhan
Meskipun penyaringan dan penyensoran konten bukanlah tugas perusahaan web hosting, memastikan kepatuhan terhadap hukum sangat penting untuk stabilitas dan keberlanjutan bisnis apa pun. Ketika pengguna melanggar ketentuan layanan atau menyebabkan kerusakan pada layanan hosting atau melakukan kejahatan atau mencoba melakukan kejahatan melalui server web hosting, penyedia harus melangkah maju dan memastikan kepatuhan. Setelah tidak mematuhi hukum atau persyaratan layanan perusahaan hosting, mereka dapat menutup atau menangguhkan akses klien atau dapat menghentikan akunnya sama sekali. Tim kepatuhan host web harus waspada dan harus selalu berhubungan dengan administrator sistem untuk melaporkan aktivitas aneh atau mencurigakan dalam infrastruktur mereka.